Minggu, 14 Oktober 2012

Macam-macam konflik


Pe-er sekolah nih sebenarnya….!!! tak apalah...

PENGERTIAN KONFLIK
Konflik berasal dari kata kerja Latin configere yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.

- konflik destruktif
merupakan sebuah situasi konflik yang pada akhirnya memberi efek negatif kepada salah satu atau seluruh pihak yang terlibat konflik
contoh :

1.       Budi & Badu berebut pacar & ada pihak ke 3 yang menyikapi konflik tanpa kebijaksanaan
akhirnya keduanya adu jotos.
2.       Perbedaan pendapat yang mengakibatkan pertikaian antara pihak pihak yang bertikai berkelahi.

-konflik konstruktif
merupakan sebuah situasi konflik yang pada akhirnya malah membangun pihak yang terlibat konflik tanpa merugikan pihak lainnya ( atau malah membangun semua pihak )
contoh :
1.       Perusahaan A & B bersaing secara sehat. Pada akhirnya kedua perusahaan berusaha meningkatkan kualitas produknya agar menarik minat pelanggan.
2.       Siswa A mendapat nilai tertinggi di kelas, dan siswa B mendapat nilai di bawah nilai A pada mata pelajaran Matematika. Siswa B termotivasi untuk giat belajar supaya mendapat nilai terbaik.

-konflik horizontal
Adalah konflik yang terjadi antar individu atau kelompok yang mempunyai kelas social yang sama dalam masyarakat.
contoh :
1.       Perkelahian antar sesama tukang ojek karena rebutan penumpang.
2.       Tawuran antara mahasiswa fakultas teknik dengan mahasiswa fakultas hukum.

-konflik vertical
adalah Konflik yang terjadi antar tingkat kelas secara vertical atau antar atasan dan bawahan. Atau lebih mudahnya lagi yaitu konflik yang terjadi antar golongan yang berbeda, antara golongan rendah, dengan golongan yang lebih tinggi.
contoh :
1.       Konflik antara buruh bangunan dengan mandor karena tidak sesuainya  upah yang diterima oleh buruh bangunan.
2.       Konflik antara  nelayan dan juragan kapal karena uang sewa kapal tidak sesuai dengan kondisi kapal yang rusak.

-konflik terbuka
Merupakan konflik yang diketahui semua pihak selain pihak yang bertikai atau yang mempunyai konflik.
contoh :
1.       Konflik yang terjadi antara Israel dan Palestina.
2.       Konflik antara Indonesia dengan Malaysia karena memperebutkan hak kepemilikan batik.
3.       Konflik Daerah Aceh yang ingin merdeka dan melepaskan diri dari Indonesia.

-konflik tertutup
Merupakan konflik yang hanya diketahui sedikit orang atau kelompok yang terlibat konflik. KOnflik tertutup bersifat laten, artinya sebuah konflik masih tertutup belum mencuat kepermukaan.
contoh :
1.       Kesenjangan dalam pengupahan antara pekerja perempuan dengan pekerja laki laki dalam sebuah perusahaan yang dilakukan secara diam diam dan tertutup karena adanya budaya patrimonial.
2.       Dominasi posisi badan pemerintahan oleh etnis atau ras tertentu yang dapat mengundang kecemburuan dan kekecewaan etnis lain.

-konflik ideologi
Konflik ideology adalah konflik yang didasarkan pada perbedaan ide, gagasan, pengertian, atau cita-cita yang berbeda antar pihak yang mempunyai konflik.
contoh :
1.       Contoh konflik ideologi adalah konflik yang terjadi antara Indonesia dan Malaysia yang mengklaim batik adalah hasil budaya Malaysia.
2.        Malaysia dan Indonesia berasal dari satu rumpun Melayu. Karena adanya perbedaan ideology dan sejarah yang berbeda muncullah kebudayaan Indonesia yang berbeda dengan kebudayaan Malaysia.

-konflik politik
Konflik politik merupakan suatu perselisihan yang terjadi antara dua pihak, ketika keduanya menginginkan suatu kebutuhan yang sama dan ketika adanya hambatan dari kedua pihak, baik secara potensial dan praktis
contoh :
1.       Konflik Papua
Konflik Papua adalah konflik di Papua dan Papua Barat di Indonesia. Karena daerah ini menjadi bagian dari Indonesia pada tahun 1963, akibatnya Papua Merdeka (Organisasi Papua Merdeka / OPM) telah melancarkan pemberontakan berskala kecil untuk meminta Papua menjadi negara sendiri. Pengibaran bendera Bintang Kejora dan protes damai adalah hal yang ilegal untuk dilakukan dan sangat dilarang. Wilayah ini kaya akan sumber daya alam, sehingga semakin memanaskan konflik.

2.       Gerakan 30 September
Gerakan 30 September atau yang sering disingkat G 30 S PKI, G-30S/PKI, Gestapu (Gerakan September Tiga Puluh), Gestok (Gerakan Satu Oktober) adalah sebuah peristiwa yang terjadi pada tanggal 30 September 1965 dimana enam pejabat tinggi militer Indonesia beserta beberapa orang lainnya dibunuh dalam suatu usaha percobaan Kudeta yang dituduhkan kepada anggota Partai Komunis Indonesia.

-konflik ekonomi
adalah konflik adalah konflik yang mungkin terjadi karena persaingan ekonomi yang sangat sengit antara para pebisnis hingga pemerintahan sehingga menimbulkan dendam dan emosi tersendiri antara pelaku bisnis hingga pemerintahan. Konflik ekonomi juga disebabkan karena perebutan sumber daya ekonomi dari pihak yang berkonflik.
Contoh :
1.       Indonesia dan Malaysia. Sempat ada aspirasi untuk menolak produk Malaysia karena ada orang Malaysia dianggap sering mengklaim budaya Indonesia.
2.       Konflik yang terjadi antara Amerika dan Cina. Konflik ini terjadi karena Cina dengan leluasa menciptakan barang tiruan dan menguasai pasar industry Internasional sehingga Amerika merasa dirugikan oleh Cina.

-konflik sosial budaya
merupakan perbedaan kepentingan budaya dari pihak yang berkonflik.
contoh :
1.       Perbedaan antar kelompok dalam mendiskusikan hukum adat.
2.       Konflik yang melibatkan agama yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar