Sabtu, 06 September 2014

Ekstrovert, Introvert, dan Ambievert





Ada kalanya manusia yang merasa dirinya paling sukses, yang merasa menikmati kesendirian, yang merasa dirinya akan baik-baik saja sekaliii saja tanpa teman, sesungguhnya mereka lebih membutuhkan teman dibandingkan yang lain. Orang-orang seperti ini biasanya berkepribadian Introvert. Namun, di dunia ini bukan hanya ada kepribadian jenis introvert, ada yang lain yang kita sebut dengan sebutan ekstrovert dan ambievert.

Ada beberapa pengertian mengenai jenis kepribadian ekstrovert, introvert,dan ambievert. Beberapa pengertian ini kurang lebih membentuk sebuah pengertian yang kompleks terkait ekstrovert, introvert,dan ambievert. Kurang lebih seperti ini:

*      Ekstrovert
Manusia yang berkepribadian ekstrovert hidupnya lebih berorientasi pada dunia luar. Orang-orang yang termasuk dalam kepribadian jenis ini, biasanya mereka membenci kesendirian dan lebih aktif dalam berorganisasi, lebih banyak beraktifitas dan lebih sedikit berfikir. Mereka akan lebih menyukai tempat-tempat ramai dan banyak orang.

*      Introvert
Berbeda dengan orang-orang dengan tipe kepribadian ekstrovert, mereka yang berkepribadian introvert hidupnya lebih berorientasi pada dunianya sendiri. Tidak heran apabila manusia yang berkepribadiain introvert lebih suka menyendiri, ketenangan dan kesunyian. Mereka akan merasa nyaman dengan keadaan yang benar-benar tenang, tidak berisik. Mereka biasanya sedikit beraktivitas dan banyak berfikir, bertindak sebagai pengamat dalam sebuah interaksi, dan pengambil keputusan yang baik dalam menyelesaikan sebuah masalah.

*      Ambievert
Tipe kepribadian yang ketiga ini adalah tipe kepribadian yang paling unik. Ambievert dihasilkan dari perpaduan Ekstrovert dan Introvert. Memiliki kepribadian ini bisa dibilang baik, karena orang-orang yang  masuk dalam tipe kepribadian jenis ini biasanya lebih fleksibel dalam beraktifitas maupun berinteraksi dengan seorang ekstrovert maupun introvert. Nilai minus dari kepribadian jenis ini, mereka terlihat moody karena sifatnya yang berubah-ubah.

Apapun tipe kepribadian kita, bersyukurlah. Apapun tipe kepribadian orang lain, hargailah. Hidup ini indah dengan bersyukur dan saling menghargai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar